Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( Us ) Ipa Sd 2016 - foldersoal.com

Download Kisi-Kisi US IPA SD Tahun Pelajaran 2015/2016- Berdasarkan POS US SD 2016 bahwa aktivitas ujian sekolah untuk siswa SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) ialah pada Hari Rabu tanggal 18 Mei 2016. Adapun aktivitas ujian sekolah susulannya akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 25 Mei 2016. Jika dihitung pada dikala ini ( 24 Desember 2015 ), maka pelaksanaan US IPA SD 2016 masih cukup usang yakni sekitar 5 bulan. Namun demikian, 5 bulan bukan waktu yang usang untuk mempersiapkan matangnya materi ujian sekolah. Hal ini terbukti para Guru dan Siswa Kelas 6 semenjak semester ganjil sudah mulai aktif memperdalam materi kelas 6 maupun materi untuk persiapan menghadapi/mengerjakan US SD 2016. Untuk lebih fokusnya, sebaiknya para Guru dan Siswa juga  mempelajari materi IPA yang kiranya sesuai dengan kisi-kisi us IPA SD/MI 2016. Jumlah soal us IPA ada 40 butir dengan waktu 120 menit. Adapun kisi-kisi ujian sekolah mapel IPA SD tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 5 bab, 18 materi, dan 62 indikator sebagai berikut:

 bahwa aktivitas ujian sekolah untuk siswa SD Kisi-Kisi Ujian Sekolah ( US ) IPA SD 2016


A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

1. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan

Indikator:
  • 1.1 ( Indikator 1 ) Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. Lihat Contoh Soalnya
  • 1.2 ( Indikator 2 ) Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut. Baca Contoh Soalnya
  • 1.3 ( Indikator 3) Menentukan dasar pengelompokan hewan.
  • 1.4 ( Indikator 4 ) Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
  • 1.5 ( Indikator 5 ) Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem

Indikator:
  • 2.1 ( Indikator 6 ) Mengidentifikasi rantai kuliner pada ekosistem tertentu.
  • 2.2 ( Indikator 7 ) Menentukan organisme yang sanggup menduduki penggalan pada rantai kuliner yang tidak lengkap.
  • 2.3 ( Indikator 8 ) Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai kuliner yang disajikan dalam gambar.
  • 2.4 ( Indikator 9 ) Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai kuliner punah atau berkembang dengan pesat.
  • 2.5 ( Indikator 10 ) Memberikan pola kekerabatan yang bersahabat antarmakhluk hidup (simbiosis).
  • 2.6 ( Indikator 11 ) Menjelaskan alasan terjadinya kekerabatan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran pola yang diberikan.
3.  Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup

Indikator :
  • 3.1 ( Indikator 12 ) Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar.
  • 3.2 ( Indikator 13 ) Memberikan pola tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
  • 3.3 ( Indikator 14 ) Memberikan dua pola binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
  • 3.4 ( Indikator 15 ) Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
  • 3.5 ( Indikator 16 ) Mengidentifikasi cara binatang tertentu mengikuti keadaan terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
  • 3.6 ( Indikator 17 ) Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan mengikuti keadaan dengan cara tertentu.
  • 3.7 ( Indikator 18 ) Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
4. Pelestarian lingkungan

Indikator:
  • 4.1 ( Indikator 19 ) Menjelaskan cara melestarikan lingkungan menurut masalah perihal kondisi lingkungan di suatu daerah.
  • 4.2 ( Indikator 20 ) Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
  • 4.3 ( Indikator 21 ) Menjelaskan jawaban dari kegiatan insan yang sanggup menghipnotis keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
  • 4.4 ( Indikator 22 ) Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP

5. Bagian badan tumbuhan/hewan dan fungsinya
  • 5.1 ( Indikator 23) Menjelaskan fungsi penggalan badan tumbuhan/hewan.
  • 5.2 ( Indikator 24 ) Menjelaskan manfaat penggalan badan tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
6. Daur hidup beberapa hewan
  • 6.1 ( Indikator 25) Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup ibarat tampak pada gambar/diagram.
  • 6.2 ( Indikator 26 ) Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan menurut ilustrasi.
7. Rangka manusia
  • 7.1 ( Indikator 27 ) Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • 7.2 ( Indikator 28 ) Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • 7.3 ( Indikator 29 ) Menjelaskan fungsi penggalan rangka yang disajikan dalam gambar.
8. Sistem organ pada manusia
  • 8.1 ( Indikator 30 ) Menjelaskan fungsi penggalan pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
  • 8.2 ( Indikator 31 ) Menjelaskan fungsi penggalan yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
  • 8.3 ( Indikator 32 ) Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu 
  • 8.4 ( Indikator 33 ) Menjelaskan fungsi organ pada manusia.
C. BENDA DAN SIFATNYA

9. Sifat benda
  • 9.1 ( Indikator 34 ) Menentukan pasangan yang sempurna antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
10. Perubahan benda
  • 10.1 ( Indikator 35 ) Menentukan pasangan yang sempurna pada tabel pola kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • 10.2 ( Indikator 36 ) Menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
D. ENERGI DAN PERUBAHANNYA

11. Gaya dan gerak
  • 11.1 ( Indikator 37 ) Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari menurut gambar.
  • 11.2 ( Indikator 38 ) Menyebutkan pola kegiatan yang menawarkan gaya sanggup mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
12. Bentuk energi dan perubahannya
  • 12.1 ( Indikator 39 ) Menentukan bentuk energi pada alat/benda dikala dipakai menurut gambar.
  • 12.2 ( Indikator 40 ) Menentukan alat-alat yang memiliki perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
  • 12.3 ( Indikator 41 ) Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  • 12.4 ( Indikator 42 ) Menentukan cara menghemat energi menurut gambaran perihal kelangkaan energi.
13. Suhu dan kalor
  • 13.1 ( Indikator 43 ) Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
  • 13.2 ( Indikator 44 ) Menyebutkan penggunaan benda menurut sifat hantaran panas.
  • 13.3 ( Indikator 45 ) Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
  • 13.4 ( Indikator 46 ) Menyebutkan pola perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
14. Bunyi dan cahaya
  • 14.1 ( Indikator 47 ) Menyebutkan benda-benda yang sanggup menyerap suara untuk mencegah gaung.
  • 14.2 ( Indikator 48 ) Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
  • 14.3 ( Indikator 49 ) Menentukan arah bayangan benda bila posisi sumber cahaya diubah menurut gambar.
  • 14.4 ( Indikator 50 ) Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi menurut gambaran suatu kegiatan/gambar.
15. Listrik dan magnet
  • 15.1 ( Indikator 51 ) Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
  • 15.2 ( Indikator 52 ) Menentukan cara menciptakan magnet menurut gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA

16. Sumber daya alam
  • 16.1 ( Indikator 53 ) Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam menurut gambar.
  • 16.2 ( Indikator 54 ) Menentukan beberapa sumber daya alam yang sanggup diperbaharui atau tidak sanggup diperbaharui.
  • 16.3 ( Indikator 55 ) Menjelaskan pengaruh pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
17. Daur air
  • 17.1 ( Indikator 56 ) Menentukan tahapan daur air menurut gambar.
  • 17.2 ( Indikator 57 ) Menjelaskan kegiatan insan yang sanggup menghipnotis daur air.
18. Sistem tata surya 
  • 18.1 ( Indikator 58 ) Menjelaskan jawaban gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
  • 18.2 ( Indikator 59 ) Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
  • 18.3 ( Indikator 60 ) Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
  • 18.4 ( Indikator 61 ) Menentukan nama planet menurut ciri-cirinya.
  • 18.5 ( Indikator 62 ) Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
Silakan Download Kisi-Kisi US IPA SD 2016

Demikian perihal Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US IPA SD Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel