Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Monday, April 15, 2019
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Siswa Kelas 6 (VI) SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Download file format PDF.
Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
Buku Guru dan Siswa Kelas 6 (VI) SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018:
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Tentang Buku Guru
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi hal-hal berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
- Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
- Berbagai teknik penilaian siswa.
- Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
- Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
- Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal berikut.
- Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
- Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
- Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
- Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Bagaimana Menggunakan Buku Guru
Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
- Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
- Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
- Upayakan untuk mencakup KI-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
- Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
- Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
- Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
- Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya: siswa bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
- Guru diharapkan mengembangkan: a. Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem); b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi; c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
- Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
- Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
- Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
- Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa.
- Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
- Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
- Hasil karya siswa dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio siswa.
- Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
- Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa, beragam faktor penyebab efektivitas, dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.
- Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.
Kompetensi Inti Kelas VI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
- Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Keterangan:
- Pembelajaran Matematika dan PJOK masing-masing dilaksanakan sebagai mata pelajaran tersendiri dan menggunakan buku yang terpisah dari buku ini.
- Materi-materi terkait dengan Matematika dan PJOK dalam buku ini dapat digunakan sebagai penguatan dalam penguasaan Matematika dan PJOK.
- Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran tersendiri tidak menambah total alokasi waktu.
Download Buku Guru dan Siswa Kelas 6 (VI) SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini silahkan lihat preview salah satu Buku Guru dan Buku Siswa dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:
Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download File:
Buku Guru Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018Buku Guru PAI-BP 6 Revisi 2018 - Buku Guru Pendidikan Agama Islam PAI Kelas 6.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 - Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018 - Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018 - Tema 3 Tokoh dan Penemuan.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 - Tema 4 Globalisasi.pdf
Buku Guru Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 - Tema 5 Wirausaha.pdf
Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018Buku Siswa PAI-BP 6 Revisi 2018 - Buku Siswa Pendidikan Agama Islam PAI Kelas 6.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 - Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018 - Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018 - Tema 3 Tokoh dan Penemuan.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 - Tema 4 Globalisasi.pdf
Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 - Tema 5 Wirausaha.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Kelas VI (6) SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.