Perencanaan Pengajaran



Fungsi, Peranan dan Jenis Media Pembelajaran
1. Pembelajaran sebagai suatu sistem yang bertujuan yang harus direncanakan oleh guru menurut pada kurikulum yang berlaku.

2. Perencanaan pengajaran meliputi kegiatan merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan isi/materi pelajaran yang harus dipelajari, merumuskan kegiatan berguru dan merumuskan sumber belajar/media pembelajaran yang akan dipakai serta merumuskan penilaian belajar.

3. Fungsi perencanaan pengajaran sebagai pedoman kegiatan guru dalam mengajar dan pedoman siswa dalam kegiatan berguru yang disusun secara sistematis dan sistemik.

4. Prinsip perencanaan pengajaran yang harus diperhatikan adalah:
  • Perencanaan pengajaran harus menurut kondisi siswa.
  • Perencanaan pengajaran harus menurut kurikulum yang berlaku.
  • Perencanaan harus memperhitungkan waktu yang tersedia
  • Perencanaan pengajaran harus merupakan urutan kegiatan belajar-mengajar yang sistematis.
  • Perencanaan pengajaran bila perlu lengkapi dengan lembaran kerja/tugas dan atau lembar observasi.
  • Perencanaan pengajaran harus bersifat fleksibel.
  • Perencanaan pengajaran harus menurut pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan, materi, kegiatan berguru dan evaluasi.
5. Perencanaan merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen Tujuan pembelajaran, komponen isi/materi pembelajaran, komponen kegiatan belajar-mengajar, dan komponen penilaian belajar.

Prosedur Pengembangan Program Pembelajaran
  • Program pengajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu berguru tertentu. Program pengajaran yang menjadi kiprah guru yaitu menyusun aktivitas pengajaran catur wulanan dan aktivitas mingguan atau harian, yang disebut aktivitas persiapan mengajar.
  • Program semester yaitu aktivitas pengajaran yang harus dicapai selama satu semester. selama periode ini diperlukan para siswa menguasai pengetahuan, perilaku dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh
  • Program semester dijabarkan dari Garis-garis besar Program Pengajaran pada masing-masing bidang studi/mata pelajaran, di dalamnya terdiri atas: pokok bahasan/sub-pokok bahasan, alokasi waktu, dan alokasi pertemuan kapan pokok bahasan/sub-pokok bahasan tersebut disajikan.
  • Persiapan mengajar merupakan istilah gres sebagai pengganti dari satuan pelajaran (satpel) pada kurikulum lama. Persiapan mengajar ini merupakan aktivitas pengajaran untuk jangka waktu berguru mingguan atau harian.
  • Langkah-langkah pengembangan persiapan mengajar secara umum sanggup dilakukan melalui: a) mempelajari Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) yang ada dalam GBPP, b) merumuskan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) menurut TPU, c) memilih materi/bahan pelajaran, d) memilih kegiatan belajar-mengajar, e) tetapkan alat, media, dan sumber pelajaran, dan f) memilih alat evaluasi.
      Sumber: Strategi Belajar Mengajar karya Udin S. Winataputra


      Berbagai Sumber

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel