Inilah Cara Yang Benar Dalam Mendidik Sampaumur Berdasarkan Islam - foldersoal.com

Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam_Berbeda dengan mendidik anak balita, mendidik anak dewasa terbilang lebih susah. Sebab ketika dewasa efek yang membentuk abjad sang anak bukan hanya dari keluarganya saja. Melainkan dari lingkungan daerah tinggalnya, teman nongkrongnya, teman sekolahnya, dan lain sebagainya. Dan tentunya, tidak semua dari mereka mengajarkan hal-hal yang baik. Justru terkadanng malah sebaliknya. Untuk itu sebagai orangtua Anda harus mendidiknya secara ekstra, semoga anak Anda tidak terjerumus ke jalan yang salah.
Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam Inilah Cara yang Benar dalam Mendidik Remaja Menurut Islam

Tips Mendidik Remaja Menurut Islam

1. Mendekatkan dewasa kepada Allah
Sifat dewasa yang masih labil atau tidak mempunyai pendirian dan kekanak-kanakan sanggup Anda kontrol dengan mendekatan mereka kepada Allah swt. Semakin buah hati Anda erat kepada sang maha kuasa, hal tersebut sanggup melindungi mereka dari hal yang sanggup menjerumuskan dan membebaskan mereka semoga tidak terjerumus kepada kenikmatan dunia yang menipu dan fana. Ingatkan selalu buah hati Anda apa saja larangan dan kewajiban yang harus dipatuhi semoga sanggup selalu erat dengan Allah swt. Dengan dekatnya mereka pada Allah swt, mereka akan selalu menerima proteksi dan tuntunan ke jalan yang benar sesuai aliran agama.

2. Mengenalkan pentingnya Shalat sempurna waktu
Menurut imam al baqir dan imam Ash Shadiq as menunjukan bahwa kita dibutuhkan untuk mengenalkan Shalat pada buah hati kita semenjak usia 5 tahun mulai dari mengenalkan arah kiblat kemudian berwudhu dan sholat. Pelaksanaan sholat lima waktu dengan  tepat juga perlu Anda ajarkan kepada dewasa Anda semoga tidak lalai dan mengenal disiplin. Selain melatih disiplin, rasa tanggung jawab dan sikap merasa bersalah dan terbebani akan muncul ketika buah hati Anda tidak melaksanakan Shalat secara sempurna waktu. Patuhnya kepada ketepatan waktu menjalankan Shalat sanggup meningkatkan rasa tanggung jawab. Sehingga setiap aktivitas wajib yang dimilikinya akan dilajalankan dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh.

3. Menjauhkan dari adab tercela
Di dalam Islam, perbuatan tercela sangat tidak diperbolehkan. Setiap perbuatan tercela akan menerima dosa di dunia dan siksaan atau akhir di darul abadi nanti. Dengan jauhnya dewasa Anda terhadap adab tercela, mereka akan sanggup memahami mana hal yang salah dan mana hal yang benar dan harus dijalani atau dihindari. Penambahan wawasan dewasa Anda wacana macam-macam adab tercela akan semakin banyak sehingga mereka akan menjauhinya dan menjelma manusia yang bijaksana dan patuh kepada Anda, agama, dan Allah swt.

4. Membiasakan melaksanakan ibadah sunnah
Pelaksanaan ibadah sunnah selain menambah amalan suplemen juga sanggup melatih dewasa Anda menjadi dewasa yang tidak pemalas. Dikatakan demikian alasannya ialah mereka menjadi terbiasa melaksanakan aktivitas yang tidak wajib dikerjakan. Selain itu sanggup meningkatkan rasa rajin pada pembentukan kepribadian buah hati Anda. Dengan melaksanakan ibadah sunnah, semakin mendekatkan buah hati Anda kepada jalan yang benar sesuai aliran agama.

5. Memberikan teladan teladan
Anda sebagai orangtua pastilah yang menjadi teladan teladan pertama bagi tumbuh kembang buah hati Anda terutama dewasa yang sedang mencari jati diri. Pemberian teladan teladan ibarat mengerjakan kiprah dengan penuh tanggung jawab, memberi dukungan kepada seseorang yang membutuhkan dukungan dan lain sebagainya sanggup meningkatkan pembertukan abjad dari dewasa Anda. Makara sikap dewasa selain dipengaruhi oleh individunya juga dipengaruhi oleh lingkungan luar yaitu teladan dari sikap Anda. Benar kata pepatah yang menyampaikan bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.

Itulah beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk mendidik buah hati sesuai dengan aliran Islam. Semoga berhasil.


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel