60 Indikator Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah (Us) Sd/Mi 2017 Matematika - foldersoal.com
Thursday, March 3, 2016
Edit
Kisi-Kisi Soal US SD/MI 2017 Mapel Matematika Tahun Pelajaran 2016/2017 memuat bahan bilangan (operasi hitung bilangan, FPB dan KPK, pangkat dan akar bilangan, dan pecahan), bahan Geometri dan Pengukuran ( satuan ukuran, sifat dan unsur berdiri datar segitiga/segiempat/lingkaran, sifat dan unsur berdiri ruang kubus/balok/tabung, bidang dan letak koordinat, simetri dan pencerminan), dan bahan Pengolahan Data ( mengumpulkan dan mengolah data, menuntaskan persoalan yang berkaitan dengan data). Dari 3 bahan tersebut terbagi menjadi 11 sub bahan dengan 60 indikator. Karena jumlah indikator pada kisi-kisi soal US SD/MI 2017 mata pelajaran matematika, maka hendaknya para akseptor didik/siswa kelas 6 SD/MI lebih ulet mencar ilmu dalam mempelajari semua bahan yang sesuai kisi-kisi US Matematika 2017, sehingga nantinya dapat lulus ujian dengan nilai yang anggun dan memuaskan.
Adapun kisi-kisi US SD/MI Matematika tahun pelajaran 2016/2017 indikator 1-60 sebagai berikut:
I. BILANGAN
A. Operasi hitung bilangan
Indikator:
1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
2. Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
3. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif)
4. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan lingkaran (positif dan negatif)
5. Menyelesaikan persoalan budi budi yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
B. FPB dan KPK
6. Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
7. Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
8. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
C. Pangkat dan akar bilangan
9. Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
10. Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
11. Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
12. Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
D. Pecahan
13. Menyederhanakan pecahan
14. Mengurutkan banyak sekali bentuk pecahan
15. Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
16. Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
17. Menyelesaikan persoalan budi budi yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
18. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
19. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan banyak sekali bentuk pecahan.
20. Menyelesaikan persoalan wacana perbandingan senilai dengan tema tertentu.
21. Menyelesaikan soal wacana skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
II. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
E. Satuan ukuran
22. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
23. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
24. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
25. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
26. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
27. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
28. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
29. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
F. Sifat dan unsur berdiri datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
30. Menentukan berdiri datar menurut sifatnya.
31. Menentukan kesebangunan pada berdiri datar.
32. Menentukan keliling segiempat
33. Menentukan keliling lingkaran
34. Menentukan luas segitiga atau segiempat
35. Menentukan luas lingkaran.
36. Menentukan luas bab lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
37. Menentukan luas atau keliling adonan dua berdiri datar
38. Menyelesaikan persoalan budi budi yang berkaitan dengan berdiri datar
G. Sifat dan unsur berdiri ruang (kubus, balok, tabung)
39. Menentukan berdiri ruang menurut sifatnya.
40. Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
41. Menentukan volume tabung.
42. Menentukan jaring-jaring dari salah satu berdiri ruang.
43. Menentukan volume prisma segitiga.
44. Menyelesaikan soal dongeng yang berkaitan dengan berdiri ruang.
H. Bidang dan letak Koordinat
45. Menentukan letak titik koodinat
46. Menentukan salah satu koordinat berdiri datar yang belum diketahui.
I. Simetri dan pencerminan
47. Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu berdiri datar.
48. Menentukan hasil pencerminan berdiri datar
III. PENGOLAHAN DATA
J. Mengumpulkan dan mengolah data
49. Menyajikan data dalam bentuk tabel.
50. Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random
K. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan data
51. Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
52. Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
53. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
54. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
55. Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
56. Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
57. Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
58. Menyelesaikan persoalan bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan rata-rata.
59. Menyelesaikan persoalan bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan modus.
60. Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema kesehatan.
Bagi Adik-Adik Siswa Kelas 6 SD/MI/sederajat, orang renta murid, dan/atau Guru Kelas 6 yang belum mempunyai kisi-kisi US Matematika SD/MI, sebaiknya segera mengunduh file PDF-nya, silakan cek Kisi-Kisi US/UN/USBN SD/MI/SDLB/Program Paket A 2017 Tahun Pelajaran 2016/2017 Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Demikian wacana 60 Indikator pada Kisi-Kisi Soal US Matematika SD/MI Tahun 2017. Semoga bermanfaat.
Berbagai Sumber
Adapun kisi-kisi US SD/MI Matematika tahun pelajaran 2016/2017 indikator 1-60 sebagai berikut:
I. BILANGAN
A. Operasi hitung bilangan
Indikator:
1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
2. Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
3. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif)
4. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan lingkaran (positif dan negatif)
5. Menyelesaikan persoalan budi budi yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
B. FPB dan KPK
6. Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
7. Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
8. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
C. Pangkat dan akar bilangan
9. Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
10. Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
11. Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
12. Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
D. Pecahan
13. Menyederhanakan pecahan
14. Mengurutkan banyak sekali bentuk pecahan
15. Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
16. Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
17. Menyelesaikan persoalan budi budi yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
18. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
19. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan banyak sekali bentuk pecahan.
20. Menyelesaikan persoalan wacana perbandingan senilai dengan tema tertentu.
21. Menyelesaikan soal wacana skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
II. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
E. Satuan ukuran
22. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
23. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
24. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
25. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
26. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
27. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
28. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
29. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
F. Sifat dan unsur berdiri datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
30. Menentukan berdiri datar menurut sifatnya.
31. Menentukan kesebangunan pada berdiri datar.
32. Menentukan keliling segiempat
33. Menentukan keliling lingkaran
34. Menentukan luas segitiga atau segiempat
35. Menentukan luas lingkaran.
36. Menentukan luas bab lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
37. Menentukan luas atau keliling adonan dua berdiri datar
38. Menyelesaikan persoalan budi budi yang berkaitan dengan berdiri datar
G. Sifat dan unsur berdiri ruang (kubus, balok, tabung)
39. Menentukan berdiri ruang menurut sifatnya.
40. Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
41. Menentukan volume tabung.
42. Menentukan jaring-jaring dari salah satu berdiri ruang.
43. Menentukan volume prisma segitiga.
44. Menyelesaikan soal dongeng yang berkaitan dengan berdiri ruang.
H. Bidang dan letak Koordinat
45. Menentukan letak titik koodinat
46. Menentukan salah satu koordinat berdiri datar yang belum diketahui.
I. Simetri dan pencerminan
47. Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu berdiri datar.
48. Menentukan hasil pencerminan berdiri datar
III. PENGOLAHAN DATA
J. Mengumpulkan dan mengolah data
49. Menyajikan data dalam bentuk tabel.
50. Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random
K. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan data
51. Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
52. Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
53. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
54. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
55. Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
56. Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
57. Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
58. Menyelesaikan persoalan bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan rata-rata.
59. Menyelesaikan persoalan bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan modus.
60. Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema kesehatan.
Bagi Adik-Adik Siswa Kelas 6 SD/MI/sederajat, orang renta murid, dan/atau Guru Kelas 6 yang belum mempunyai kisi-kisi US Matematika SD/MI, sebaiknya segera mengunduh file PDF-nya, silakan cek Kisi-Kisi US/UN/USBN SD/MI/SDLB/Program Paket A 2017 Tahun Pelajaran 2016/2017 Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Demikian wacana 60 Indikator pada Kisi-Kisi Soal US Matematika SD/MI Tahun 2017. Semoga bermanfaat.
Berbagai Sumber