Bentuk Luar Badan Binatang Dan Fungsinya - foldersoal.com

Bentuk Luar Tubuh Hewan dan Fungsinya- Sahabat pembaca blog Foldersoal.com, bentuk luar tubuh binatang yang satu dengan lainnya mempunyai perbedaan walaupun ada sebagian yang sama. Sebagai contoh, intinya bab luar tubuh kucing, kerbau, sapi, anjing, kuda, gajah, jerapah, dan unta terdiri dari bagian-bagian utama tubuh yang sama yakni kepala, tubuh, kaki, dan ekor. Contoh lain, bentuk luar tubuh kura-kura dan bulus juga hampir sama.
 bentuk luar tubuh binatang yang satu dengan lainnya mempunyai perbedaan walaupun ada sebagian Bentuk Luar Tubuh Hewan dan Fungsinya
Namun bentuk luar tubuh beberapa binatang tersebut tentunya mempunyai ciri khusus dan fungsi yang berbeda-beda.

Selain bagian-bagian yang utama tersebut, ada juga bab pengiring atau sub bab contohnya sub bab kaki kucing ialah bahwa kucing mempunyai kuku yang tajam, sub bab dari kepala kucing contohnya kucing mempunyai mata penglihatan yang tajam.

Bentuk Luar Tubuh Berbagai Kelompok Hewan
,
1. Bentuk Luar Tubuh Bangsa Burung 
Hewan bangsa burung terbagi menjadi 9 kelompok:
  • kelompok burung merpati (colombiformes ) contohnya : burung deruk, perkutut, puter, dara, dll
  • kelompok burung buas ( rapaces ), contohnya: burung elang, hantu, rajawali, falcon, pitohui, burung pemakan bangkai, camar, ifrita kowaldi, dll
  • kelompok bangsa ayam ( rosares ), contohnya: ayam
  • kelompok burung berenang ( natatares ), contohnya: bebek/itik, angsa
  • kelompok burung berjalan ( ratites ), contohnya: burung kasuari, burung unta
  • kelompok burung memanjat/pemanjat ( scansores ), contohnya: burung kakaktua, betet
  • kelompok burung mengarung/pengarung ( grallacares ), cntohnya: bangau, kuntul, burung pengarung
  • kelompok burung pelancong ( coraciiformes ), contohnya: burung rangkong, kolibri
  • kelompok burung berkicau /menyanyi ( oscines ), contohnya:  cucak rawa, cucak jenggot, beo, kacer, murai batu, ledekan/tledekan gunung, cucak ijo, jalak, ketilang, cendet, dll
Bagian bentuk luar utama tubuh burung terdiri atas kepala, badan, dan kaki.

a. Bagian kepala bangsa burung
Pada bab kepala bangsa burung terdapat mata, lubang hidung, lubang pendengaran dan paruh. Diatas kepada ayam terdapat jengger. Paruh gunanya untuk mematuk makanan. Bentuk paruh berbeda-beda tergantung dari makanannya.
b. Bagian tubuh bangsa burung
  • bulu- pada tubuh burung terdapat atau tumbuh bulu yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh
  • sayap-sayap berfungsi untuk terbang. Namun tidak semua bangsa burung sanggup terbang. Contoh burung yang tidak sanggup terbang yakni burung kasuari, burung onta, dan pinguin.
c. Bagian kaki burung
Kaki burung berkhasiat untuk hinggap dan berjalan. Bentuk kaki burung berbeda-beda. Misalnya ada kaki burung pemanjat, perenang, pejalan, dan sebagainya.

2. Bagian-Bagian Utama Bentuk Luar Tubuh Sapi
Sapi mempunyai bab tubuh khusus yaitu rambut, puting susu dan tanduk. Rambut sapi menyelimuti tubuh. Puting susu sapi betina berkhasiat untuk menyusui anaknya. Sapi mempunyai tanduk yang keras, yang berkhasiat untuk melindungi dari musuh. Suara sapi ialah melenguh. Sapi menghasilkan susu dan daging. Selain itu ada juga sapi yang diambil tenaganya. Kotoran sapi sanggup dimanfaatkan untuk pupuk dan juga sebagai materi untuk mebuat biogas.

3. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Gajah
Tubuh gajah sangat besar. Gajah mempunyai dua pendengaran yang sangat lebar. Kaki gajah sangat besar. Gajah mempunyai bab tubuh khusus yaitu belalai dan gading. Belalai ialah hidung gajah yang sangat panjang.

Belalai gajah terdapat di atas mulut. Belalai ini berkhasiat untuk memasukkan masakan ke mulut. Belalai gajah juga untuk menyemprotkan air ke tubuh. Gading ialah gigi gajah yang panjang menyerupai pipa. Gading berkhasiat untuk melindungi diri ketika diserang musuh.

4. Bagian-Bagian Utama bentuk Luar Tubuh Ikan
Ikan ialah binatang yang hidupnya di air. Ikan tidak mempunyai kaki. Ikan mempunyai sirip, sisik dan ekor. Sirip dipakai untuk berenang. Sisik dipakai untuk melindungi tubuhnya. Ekor dipakai untuk berbelok arah ketika berenang. Ikan bernafas dengan insang.

5. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Ular
Bentuk tubuh ular ialah bundar panjang menyerupai tali. Kulit ular bersisik licin. Ular tidak mempunyai kaki, dan bergerak dengan otot perut. Ular ada yang mempunyai sanggup atau racun. Ketika menggigit mangsa, sanggup ular sanggup masuk ke tubuh mangsanya.

6. Bagian-Bagian Utama  Bentuk Luar Tubuh Serangga
Hewan yang termasuk bangsa serangga ialah belalang, kupu-kupu, lalat dan lebah. Semua serangga berkaki enam. Ada serangga yang mempunyai sayap. Sayap gunanya untuk terbang. Ada juga serangga yang tidak mempunyai sayap contohnya semut. Di kepalanya terdapat sungut yang disebut antena. Antena berkhasiat untuk alat peraga. Kupu-kupu dan lebah makanannya nektar. Nektar diperoleh dari bunga. Nektar ialah cairan bagus untuk menciptakan madu.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel