Web Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif - foldersoal.com
Friday, May 15, 2015
Edit
Foldersoal.com- Web Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif- Sahabat, seiring dengan semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi informasi yakni dengan adanya internet yang semakin hari semakin gampang diakses juga oleh masyarakat Indonesia, dalam hal ini oleh warga dunia pendidikan Indonesia dan semua orang yang peduli dengan pendidikan, maka pemanfaatan web sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara yang efekttif dan efisien untuk meningkatkan prestasi belajarnya penerima didik.
Sahabat, dikala ini sudah tidak menyerupai dulu lagi, di mana kini sudah banyak orang yang mengakses internet melalui HP, tablet, dan sejenisnya. Hal ini sanggup dimanfaatkan oleh para pendidik dan penerima didik guna meningkatkan hasil pembelajaran.
Metode pembelajaran menyerupai ceramah, tanya, jawab, demonstrasi, pinjaman tugas, diskusi kelompok, praktik, dan metode pembelajaran lainnya kiranya tetap sanggup dipadukan dengan media web/blog.
Saya yakin bahwa dikala ini sudah banyak pendidik yang sudah memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, khususnya mereka para pendidik/guru/dosen di tingkat SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi tinggi ( semoga di jenjang SD/MI nantinya juga sanggup diterapkan, sebetulnya dikala ini juga sudah banyak sih Guru SD yang memanfaatkan web sebagai media pembelajaran) .
Media web cukup disukai oleh para pendidik maupun penerima didik alasannya ialah media ini memberi warna gres dalam dunia pendidikan. Pendidik lebih gampang memberikan wacana bahan pelajaran/kuliahnya, sedangkan penerima didik/siswa/mahasiswa pun akan lebih merasa bahagia atau dalam kata lain proses pembelajaran online akan lebih dirasa asyik dan menyenangkan sehingga bahan sanggup terserap dengan baik.
Sahabat, mohon maaf sebelumnya ya?, bagi Anda yang belum memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, di halaman ini akan admin sampaikan sedikit wacana gambaran/contoh penggunaan web/blog dalam pembelajaran. Ok sob, katakanlah kita sudah mempunyai web/blog, bila belum sebaiknya manfaatkan blog gratisan saja dulu, jadi web yang kita gunakan tidak harus yang berbayar, malahan mungkin lebih baik pakai blog gratisan selamanya. he he.
Jika dikala ini Anda belum punya blog, segeralah menciptakan blog, adapun tutorialnya silakan baca Cara Membuat Blog Gratis. Anggaplah blog sudah jadi, alasannya ialah menciptakan blog itu paling butuh waktu sekitar 5 menit. Jika blog sudah jadi, untuk sementara kita jangan dulu memikirkan wacana tampilan blog, yang penting kita mulai saja menciptakan artikel, contohnya mengisi/membuat artikel wacana bahan pelajaran yang akan disampaikan ke siswa pada hari besok, untuk lebih urutnya kurang lebih menyerupai langkah-langkah sebagai berikut :
1. Menulis artikel wacana bahan yang akan disampaikan pada hari besok.
Kegiatan ini mencakup acara merangkum/meringkas bahan dengan sumber buku pegangan pendidik, supaya lebih menarik perhatian siswa, sanggup kita tambahkan bahan yang masih sesuai denga cara mencari di internet, sebaiknya jangan murni copas, jadi editlah dengan bahasa kita bila memang bahan itu bukan sebuah definisi, dan jangan lupa cantumkan link sumbernya.
2. Memberi kiprah kepada siswa untuk membaca dan mengomentari materi Kegiatan ini tentunya sanggup dilakukan pada jam pelajaran di sekolah maupun sebagai tugas/PR, sesuaikan saja dengan kondisi kita dan penerima didik. Adapun kiprah yang diberikan kepada siswa juga sanggup kiprah membaca, menjawab pertanyaan, dan sebagainya.
3. Memberi kesempatan kepada pengunjung umum
Jika ada pengunjung yang bukan siswa Bapak/Ibu yang ikut berkmentar baik komentar dalam bentuk pertanyaan, penguatan, dan sebagainya, maka tanggapilah dengan baik alasannya ialah pengunjung tersebut sanggup membantu kita dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa.
4. Setelah kiprah selesai, jangan menghapus materi/artikel tersebut.
Biarkan artikel/materi yang sudah final sebagai arsip web/blog. Dengan demikian, maka siapa pun tetap sanggup menikmati hasil bahan yang sudah kita rangkum sehingga ilmu tersebut bermanfaat bagi semua pengunjung web/blog kita.
Demikian sekilas wacana Web Sebagai Media Pembelajaran. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan berkembang. Berbagai Sumber
Sahabat, dikala ini sudah tidak menyerupai dulu lagi, di mana kini sudah banyak orang yang mengakses internet melalui HP, tablet, dan sejenisnya. Hal ini sanggup dimanfaatkan oleh para pendidik dan penerima didik guna meningkatkan hasil pembelajaran.
Metode pembelajaran menyerupai ceramah, tanya, jawab, demonstrasi, pinjaman tugas, diskusi kelompok, praktik, dan metode pembelajaran lainnya kiranya tetap sanggup dipadukan dengan media web/blog.
Saya yakin bahwa dikala ini sudah banyak pendidik yang sudah memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, khususnya mereka para pendidik/guru/dosen di tingkat SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi tinggi ( semoga di jenjang SD/MI nantinya juga sanggup diterapkan, sebetulnya dikala ini juga sudah banyak sih Guru SD yang memanfaatkan web sebagai media pembelajaran) .
Media web cukup disukai oleh para pendidik maupun penerima didik alasannya ialah media ini memberi warna gres dalam dunia pendidikan. Pendidik lebih gampang memberikan wacana bahan pelajaran/kuliahnya, sedangkan penerima didik/siswa/mahasiswa pun akan lebih merasa bahagia atau dalam kata lain proses pembelajaran online akan lebih dirasa asyik dan menyenangkan sehingga bahan sanggup terserap dengan baik.
Sahabat, mohon maaf sebelumnya ya?, bagi Anda yang belum memanfaatkan web sebagai media pembelajaran, di halaman ini akan admin sampaikan sedikit wacana gambaran/contoh penggunaan web/blog dalam pembelajaran. Ok sob, katakanlah kita sudah mempunyai web/blog, bila belum sebaiknya manfaatkan blog gratisan saja dulu, jadi web yang kita gunakan tidak harus yang berbayar, malahan mungkin lebih baik pakai blog gratisan selamanya. he he.
Jika dikala ini Anda belum punya blog, segeralah menciptakan blog, adapun tutorialnya silakan baca Cara Membuat Blog Gratis. Anggaplah blog sudah jadi, alasannya ialah menciptakan blog itu paling butuh waktu sekitar 5 menit. Jika blog sudah jadi, untuk sementara kita jangan dulu memikirkan wacana tampilan blog, yang penting kita mulai saja menciptakan artikel, contohnya mengisi/membuat artikel wacana bahan pelajaran yang akan disampaikan ke siswa pada hari besok, untuk lebih urutnya kurang lebih menyerupai langkah-langkah sebagai berikut :
1. Menulis artikel wacana bahan yang akan disampaikan pada hari besok.
Kegiatan ini mencakup acara merangkum/meringkas bahan dengan sumber buku pegangan pendidik, supaya lebih menarik perhatian siswa, sanggup kita tambahkan bahan yang masih sesuai denga cara mencari di internet, sebaiknya jangan murni copas, jadi editlah dengan bahasa kita bila memang bahan itu bukan sebuah definisi, dan jangan lupa cantumkan link sumbernya.
2. Memberi kiprah kepada siswa untuk membaca dan mengomentari materi Kegiatan ini tentunya sanggup dilakukan pada jam pelajaran di sekolah maupun sebagai tugas/PR, sesuaikan saja dengan kondisi kita dan penerima didik. Adapun kiprah yang diberikan kepada siswa juga sanggup kiprah membaca, menjawab pertanyaan, dan sebagainya.
3. Memberi kesempatan kepada pengunjung umum
Jika ada pengunjung yang bukan siswa Bapak/Ibu yang ikut berkmentar baik komentar dalam bentuk pertanyaan, penguatan, dan sebagainya, maka tanggapilah dengan baik alasannya ialah pengunjung tersebut sanggup membantu kita dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi siswa.
4. Setelah kiprah selesai, jangan menghapus materi/artikel tersebut.
Biarkan artikel/materi yang sudah final sebagai arsip web/blog. Dengan demikian, maka siapa pun tetap sanggup menikmati hasil bahan yang sudah kita rangkum sehingga ilmu tersebut bermanfaat bagi semua pengunjung web/blog kita.
Demikian sekilas wacana Web Sebagai Media Pembelajaran. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan berkembang. Berbagai Sumber